Jumat, 12 Februari 2010

Trik Menyulap Hobi Menjadi Bisnis

Tidak ada yang lebih menyenangkan untuk dilakukan selain hobi. Setiap akhir pekan atau setiap ada waktu luang, hobi adalah hal yang menyita waktu Anda untuk Anda lakukan secara senang hati dan tanpa rasa bosan.

Walaupun hanyalah kegiatan sampingan, jangan memandang remeh hobi. Sudah banyak usahawan yang sukses “menyulap” hobinya menjadi bisnis. Mulai dari gerai makanan, butik, salon dan tempat olahraga. Tak jarang, bisnis-bisnis ini yang dimulai dengan modal kecil kemudian tumbuh dengan pesat dan menjadi bisnis besar.

Untuk lebih menggali dan mencari potensi hobi Anda ke arah bisnis, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah meluangkan waktu lebih banyak waktu untuk mendalami hobi. Dengan begitu, Anda akan lebih banyak menghasilkan hasil karya berkualitas yang benar-benar Anda pahami detail produknya, terutama nilai jualnya. Apalagi jika banyak orang yang menekuni hobi yang sama, tentunya produk Anda harus memiliki nilai lebih dibandingkan produk sejenis.

Jika Anda telah menemukan potensi dan nilai jual dari hobi Anda, waktunya untuk melakukan perencanaan yang matang. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah hal ini yang ingin Anda lakukan hingga 10-20 tahun lagi? Karena sekali saja Anda bosan dan tak tertarik lagi pada hobi, maka berarti bisnis Anda pun akan menemui titik stagnan dan tak akan berkembang. Setelah itu, barulah Anda harus melakukan perencanaan teknis seperti jumlah produksi, distribusi produk, promosi dan modal awal.

Permasalahan modal awal tentunya bukan hal yang mudah, mengingat tidak sedikit biaya yang Anda butuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha ini. Banyak bank yang menyediakan fasilitas pinjaman namun seringkali prosesnya lama dan berbelit-belit. Karena itu, pilihlah bank yang menyediakan pinjaman yang mudah dan cepat, tanpa persyaratan yang sulit, dengan angsuran yang ringan.

Masih banyak yang harus Anda siapkan dalam mempersiapkan bisnis Anda selain penggalian potensi nilai jual dan persiapan teknis. Anda juga harus melakukan akselerasi terus-menerus terhadap ketrampilan Anda seperti dengan mengikuti kursus, bergabung dengan komunitas, dan terus memperkaya diri Anda dengan strategi pemasaran yang efektif. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar