Sabtu, 06 Maret 2010

Warung Makan Mas BEN

Sahabat, salam jumpa kembali dengan kami. Semoga sahabat senantiasa dilimpahkan kesehatan, kebahagiaan dan kemudahan di dalam segala urusan yang baik oleh-Nya.

Sahabat, untuk kali ini kita akan membahas mengenai sebuah warung makan, sesuatu yang tentu saja berbeda jauh dari apa yang pernah kita bahas sebelum ini. Dan pada kesempatan kali ini sengaja kami ketengahkan warung makan yang kami kelola, agar para sahabat bisa menerima sedikit banyak gambaran dari pengalaman nyata yang telah kami alami. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan inspirasi bagi para sahabat untuk memulai sebuah langkah yang baik ke depan.

Sahabat, pada mulanya tiada niat dari kami untuk membuka sebuah usaha warung makan di kota Purwokerto. Terlebih pada saat itu dan alhamdulillah hingga saat ini, kesibukkan kami di dalam mengelola bisnis minuman terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga bisa dikatakan tidak ada lagi waktu tersisa untuk mengelola jenis usaha yang lain. Lebih-lebih bilamana jenis usaha tersebut berbeda sama sekali konsepnya dengan jenis usaha yang telah kami jalani.

Entah mengapa di suatu ketika, terlintas ide iseng dari kami untuk mencoba sesuatu hal yang baru, sehingga semoga hal tersebut akan membantu kami dalam meningkatkan pengetahuan kami tentang dunia usaha. Dari pengamatan kami terhadap bisnis kuliner makanan di kota Purwokerto, kami dapati bahwa pada saat itu jenis makanan yang disajikan sudah mulai banyak ragamnya, dan sebagian besar adalah merupakan menu baru yang berasal dari luar kota Purwokerto.

Hal ini tentu saja berbeda jauh dari situasi bisnis kuliner di kota kripik ini pada masa 20 tahun yang lalu, dimana saya masih ingat betul bahwa sangat sulit mencari warung atau restaurant yang menjual makanan di luar jenis bakso, Soto Sokaraja atau soto banyumasan lainnya, sate kambing, sate ayam dan pecel. Seandainya ada yang menjual diluar apa yang telah kami sebutkan, maka jumlahnya pun tidak seberapa dan jarang pula yang mengetahui lokasinya.

Melihat situasi bisnis kuliner di kota Purwokerto yang sudah sangat jauh berbeda, maka menggelitik hati kami untuk mencoba mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, dan hal itu tentu saja baru bisa kami pahami dengan benar bilamana kami ikut terlibat erat di dalamnya. Dan tepat pada tanggal 1 Nopember 2009, berdirilah warung makan kami yang kami beri nama "Warung Makan Mas BEN" dan beralamatkan di depan pintu masuk GOR Satria Purwokerto.

Dari perjalanan waktu bisnis warung makan kami yang masih sangat muda ini, sudah banyak pasang surut usaha yang telah kami alami. Terkadang kesulitan yang kami hadapi, bisa kami prediksi jauh-jauh hari akan terjadi. Namun tidak jarang pula muncul banyak kesulitan yang benar-benar tidak pernah kami perkirakan sebelumnya dan kami pun belum mengetahui solusinya pada waktu itu.

Sahabat, bila bicara mengenai patah semangat, atau hal-hal yang negatif lainnya (seperti perasaan sedih, bingung dan sebagainya), hal itu pun sempat pula kami alami. Apalagi bila mengingat bahwa tidak sedikit biaya yang mesti kami siapkan agar warung makan tersebut bisa berjalan. Terlebih sebagian besar biaya usaha tersebut didanai oleh jasa perbankan, yang resikonya juga tidak gampang untuk kami hadapi. Pernah kami hampir menyerah dan memilih untuk tukar guling pengelolaannya dengan orang lain yang berminat, karena kesulitan yang kami hadapi rasanya pada saat itu sudah berada di luar kemampuan kami.

Namun sahabat, ketika kami melakukan kilas balik mengenai tujuan awal kami menjalankan ini semua, maka tak ada kata lain bagi kami pada saat itu untuk mengambil keputusan agar perahu yang telah kami layarkan ini jangan sampai karam di terjang badai yang luar biasa di samudera. Kami mulai menginventarisir semua kekurangan dan kekuatan kami, membuat perencanaan-perencanaan baru, melakukan perbaikan di sisi produk dan layanan serta memotivasi karyawan untuk bisa mencintai usaha ini bagaikan usaha mereka sendiri.

Alhamdulillah pada saat ini usaha warung makan kami mulai stabil dan menunjukkan arah yang menggembirakan. Semua itu tidak lepas dari semangat team yang kuat untuk saling memberikan semangat antar teman. Dan ternyata memang apa yang terlihat belum tentu sama dengan apa yang sebenarnya terjadi. Karena itu kami akan sharing kepada para sahabat semua mengenai seluk beluk bisnis makananan yang telah kami geluti, siapa tahu informasi tersebut bisa bermanfaat buat para sahabat tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar